Monday, February 16, 2009

Hari Kasih Sayang 007

SmileyCentral.com

(Ehm.. sorry, postingnya lagi malez pake bahasa formal)

Dua hari yang lalu pasnya tanggal 14 Februari, hampir semua orang dikolong jagad ini ngerayain hari yang kondang ama sebutan Valentine Day.

Berhubung ampir setengah bulan ini gue malez banget buat posting “Biasa lagi kena virus Ngoprek Blog”, maka ada even heboh sedunia gini juga gak gue pikirin. Sebenernya kalo mao gampang tuh Suhu SMUO juga dah ngeluarin elmunya buat bikin Ngeblog yang gak ribet..., Cuma gue malah sementara ini mendingan milih Belajar Ngeblog yang bikin puyeng tapi asyk he he he.

Sehari Valentine lewat masih bisa cuek. Dua hari lewat baru deh, rasanya dada mau meledak kalo gak usil nimbrung ngurusin Valentine. Gilee…dipikir-pikir gue kaya orang yang lagi “Sanul” Sakau Nulis he he he…, maklum namanya juga amatir.

Coba liat judul diatas…

“Hari Kasih Sayang 007, tuh maksudnya bukan Kasih Sayang James Bond, Cuma kebetulan aja no Documentnya pas urutan ke 7 gue bikin posting.

Tapi dari situ malah jadi kepikiran ide buat nulis.

Coba peratiin yah…, menurut gue secara komunikasi yang bener, kenapa hari itu nggak dinamain Love Affection Day(Hari Kasih Sayang) tapi Valentine Day?

Nah kalo pada mau tau, sebelum gua bahas lebih jauh apa bedanya sekarang liat dulu cuplikan dari Sejarah Valentine berikut:

Hari Valentine (bahasa Inggris: Valentine's Day), pada tanggal 14 Februari adalah sebuah hari di mana para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya di Dunia Barat. Asal-muasalnya yang gelap sebagai sebuah hari raya Katolik Roma didiskusikan di artikel Santo Valentinus. Beberapa pembaca mungkin ingin membaca entri Valentinius pula. Hari raya ini tidak mungkin diasosiasikan dengan cinta yang romantis sebelum akhir Abad Pertengahan ketika konsep-konsep macam ini diciptakan.

Hari raya ini sekarang terutama diasosiasikan dengan para pencinta yang saling bertukaran notisi-notisi dalam bentuk "valentines". Simbol modern Valentine antara lain termasuk sebuah kartu berbentuk hati dan gambar sebuah Cupido (Inggris: cupid) bersayap. Mulai abad ke-19, tradisi penulisan notisi pernyataan cinta mengawali produksi kartu ucapan secara massal. The Greeting Card Association (Asosiasi Kartu Ucapan AS) memperkirakan bahwa di seluruh dunia sekitar satu milyar kartu valentine dikirimkan per tahun. Hal ini membuat hari raya ini merupakan hari raya terbesar kedua setelah Natal di mana kartu-kartu ucapan dikirimkan. Asosiasi yang sama ini juga memperkirakan bahwa para wanitalah yang membeli kurang lebih 85% dari semua kartu valentine.

Di Amerika Serikat mulai pada paruh kedua abad ke-20, tradisi bertukaran kartu diperluas dan termasuk pula pemberian segala macam hadiah, biasanya oleh pria kepada wanita. Hadiah-hadiahnya biasa berupa bunga mawar dan cokelat. Mulai tahun 1980-an, industri berlian mulai mempromosikan hari Valentine sebagai sebuah kesempatan untuk memberikan perhiasan.

Sebuah kencan pada hari Valentine seringkali dianggap bahwa pasangan yang sedang kencan terlibat dalam sebuah relasi serius. Sebenarnya valentine itu Merupakan hari Percintaan, bukan hanya kepada Pacar ataupun kekasih, Valentine merupakan hari terbesar dalam soal Percintaan dan bukan berarti selain valentine tidak merasakan cinta."


Naaah….jadi jelaskan, bahwa hari Valentine itu sekarang disebutnya Hari Percintaan. Bukan Hari Kasih Sayang.

Emang beda…..??

Yee…beda banget. Hari Kasih Sayang itu adanya Cuma di Indonesia. Dan apa-apa yang ada di Indonesia itu selalu pengucapan merupakan keadaan yang sesungguhnya dari situasi dan kondisi yang ada di Indonesia.

Nggak percaya…, yok kita buktiin.

Saya pernah ngebahas masalah Persahabatan di Blog ini, Persahabatan katanya kayak kepompong padahal salah..coba aja liat lagi posting gue yang lalu.

Nah kenapa sekarang Valentine dibilang Kasih Sayang….itu karena gini..,

Orang-orang di kita tuh masih banyak yang belom ngerti artinya Tulus…atawa…Ikhlas, yang ada kalo nggak Pamrih…ya memanfaatkan situasi dan kondisi. Susah berubahnya.

Makanya lebih demen di bilang Kasih Sayang…., yah artinya kurang lebih, tiap tiap mau Ngasih…sayang. Mau…ngasih lagi sayang lagi. Kapan ngasihnya..?? he he he.

Didunia luar sono, kalo orang ngasih bunga atawa coklat, itu bukan karena bunganya atawa cokelatnya yang diliat. Tapi karena tradisi menyatakan perhatiannya itu antara lain pake kedua benda itu.

Lah kalo dikita ikut-ikutan ngasih bunga sama coklat itu seh karena emang itu yang dicari kebeneran ngirit….he he he. Abis mau ngasih yang laen…ah sayang. Ha ha ha.

Trus ada lagi yang bilang gini…”Gue itu berkorban demi elu, udah susah payah gue nyari bunga sama coklatnya, karena gue cinta banget….” Itu omongan hanya gara-gara cewenya ngambek dibeliin bunga ama cokelat doank, padahal maunya sih Cuma di canda-candain romantis gitu.

Yeee…..yang namanya Cinta sih dimana-mana juga nggak ada yang namanya “Pengorbanan”…, itu namanya pamrih.., kayaknya sengaja nyiksa diri biat dapet perhatian gitu. Kalo bener-bener ngarti Cinta itu yang ada hanyalah “Pemberian yang tulus…ikhlas, nggak ngarepin apa-apa”. Kalo memang yang dicintainya juga mencintai dia, nggak usah pake acara korban-korbanan juga pasti otomatis saling memberi dan menerima . Hari ghine pake acara korban-korbanan emang Mbe…

Sebenernya buat orang kita itu gampang…, dari dulu kita punya tradisi sering Silaturahmi atawa saling kunjung-mengunjungi, saling gotong royong, saling musawarah untuk mufakat. Nah kalo yang gitu masih jalan, otomatis, saling perhatian datang dengan sendirinya..nggak perlu pake bunga, cokelat atau materi apapun.

Cuma…ya Cuma lagi, berhubung yang begitu dah mulai ilang neh di negeri tercinta ini. Semunya Cuma basa-basi. Duit diatas segalanya. Memuja muja tradisi luar negeri padahal salah penerapannya. Jadi aja gitu…..Orang Valentine Day dibilang Hari Kasih Sayang.

Huuuuh Chapek dech….