Sunday, October 9, 2011

Calm Down = Tenang 035



Langkah ke Lima adalah Calm Down = Tenang

Setelah diri kita benar benar Sadar, Menyadari, dan berbekal Keyakinan yang kuat serta diikuti dengan Itikad Baik, maka langkah selanjutnya adalah Tenang.

Tenang berarti kita menempatkan diri dalam suatu suasana yang relax, nyaman, bisa berfikir jernih sehingga kita bisa menyusun suatu rencana yang matang baik itu untuk jangka pendek maupun jangka panjang dalam kehidupan kita selanjutnya.

Tenang jelas membutuhkan kerjasama yang baik antara fikiran, kondisi tubuh yang fit, emosi yang stabil, kesendirian dan tentu suasana di luar atau dalam ruangan yang mendukung.

Salah satu saja komponen yang dibutuhkan untuk Tenang itu berada dalam keadaan kusut, maka tidak akan siap kita memasuki langkah ke lima yang merupakan CHECK POINT pertama dalam Introspection Tools ini.

Disebut CHECK POINT, karena Tenang ini memang merupakan Halte atau tempat pemberhentian pertama dan guna me review langkah langkah sebelumnya, sehingga bisa menentukan rencana yang baik untuk menghadapi langkah langkah selanjutnya.

Seorang yang pernah bekerja di sebuah Industri besar, tentu tidak asing bila mendengar "PDCA" yaitu Plan, Do, Check dan Action. Hanya saja PDCA disini berlaku untuk Introspeksi diri sendiri bukan terhadap pekerjaan.

Dalam keadaan bener benar Cool Down atau Tenang inilah diharapkan apa yang akan kita lakukan dilangkah selanjutnya dapat difikirkan secara matang.

Plan, pikirkanlah baik2 secara Tenang apa yang akan kita lakukan untuk memenuhi segala kebutuhan hidup.
Do, Kerjakanlah secara tertulis apa yang kita rencanakan tersebut.
Check, pelajarilah apa kelemahan dan kekuatan rencana yang akan kita lakukan tersebut.
Action, setelah dirasa cukup apa yang telah kita rencanakan tersebut bersiap siaplah untuk melangkah ke tahap selanjutnya yaitu Try atau Usaha. Tunggu Posting selanjutnya mengenai hal ini.