Moonlight

"One's life has its own orbit, to move out of its orbit that he needs a big effort like the Apollo to the moon..."(Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com. Picture from Koleksifoto.com)

Dreamy World

"Eternal marriage is if there is a wife who always want to be understood and a husband who always gives understanding..."(Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com. Picture from Koleksifoto.com)

Desert

"Tranquility is not in the desert he was between love and sincerity..."(Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com. Picture from Koleksifoto.com)

Aero Landscape

"Smile is the light of heaven that dwells in the hearts..."(Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com. Picture from Koleksifoto.com)

Sunset

"A lost soul is a soul who felt he had to walk on the right path because he felt had obtained instructions, when he wake up he almost been in the sunset..."(Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com. Picture from Koleksifoto.com)

Snow

"Beauty is temporary freeze ray time..."(Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com. Picture from Koleksifoto.com)

Night Life

"Mirage of heaven as if there at night, that's why a lot of soul who drowned in the night life..."(Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com. Picture from Koleksifoto.com)

Ocean

"Love is the froth on the sea. Beautiful when running on the waves, but lost when stranded on the sand beach..." (Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com. Picture from Koleksifoto.com)

Architecture

"Earth and the sky is the incontrovertible evidence of a single architect's greatest masterpieces..."(Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com. Picture from Koleksifoto.com)

Lakes

"The problem is like a spoonful of salt. If your heart area of glass will taste salty, but if the area of the lake will not be felt..."(Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com. Picture from Koleksifoto.com)

Tuesday, September 25, 2012

Empat Sehat Lima Sempurna 043

Di dalam Tubuh yang KUAT, terdapat Jiwa yang SEHAT....itu kata orang tua dulu.

Untuk menyelami pepatah itu Jelas, Tubuh/Raga dan Jiwa membutuhkan Empat Sehat Lima Sempurna.

Dari segi Tubuh/Raga yang dibutuhkan adalah:

Empat Sehat Lima Sempurna adalah terdiri dari berbagai unsur makanan yang biasa dimakan orang setiap hari, yaitu :
1. Makanan Pokok
Makanan utama berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh untuk dapat mampu malakukan aktifitas sehari-hari. Contohnya seperti nasi, jagung, oat, kentang, gandum / tepung terigu, serta umbi-umbian lainnya.
2. Lauk-Pauk
Lauk pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun pada tubuh. Misalnya yaitu tempe, tahu, telur, daging, ikan, dan lain-lain.
3. Sayur-Mayur
Sayur-sayuran pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contoh : Kangkung, bayam, terong, tomat, cabe, kacang panjang, kol gepeng, labu siam, dan lain sebagainya.
4. Buah
Mirip dengan sayur mayur, buah-buahan pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contohnya yakni apel, manggis, markisa, kesemek, salak pondoh, duren, dan lain sebagainya.
5. Susu
Susu sebagai pelengkap di mana tidak ada kewajiban atau keharusan kita untuk mengkonsumsi atau meminumnya. Namun tidak ada salahnya jika kita minum susu setelah makan, karena mengandung berbagai macam kandungan zat yang berguna dan baik bagi tubuh kita.
Dari segi Jiwa yang dibutuhkan adalah:
1.Syahadat sering disebut dengan Syahadatain karena terdiri dari 2 kalimat (Dalam bahasa arab Syahadatain berarti 2 kalimat Syahadat). Kedua kalimat syahadat itu adalah:
  • Kalimat pertama :
Syahadat1.gif
Asyhadu an-laa ilaaha illallaah
artinya : Saya bersaksi bahwa tiada Ilah selain Allah
  • Kalimat kedua :
Syahadat2.gif
Wa asyhadu anna Muhammadan rasuulullaah
artinya: dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah rasul (utusan) Allah.
salat lima waktu sehari semalam yang Allah syariatkan untuk menjadi sarana interaksi antara Allah dengan seorang muslim dimana ia bermunajat dan berdoa kepada-Nya. Juga untuk menjadi sarana pencegah bagi seorang muslim dari perbuatan keji dan mungkar sehingga ia memperoleh kedamaian jiwa dan badan yang dapat membahagiakannya di dunia dan akhirat.
Salat lima waktu itu adalah salat Shubuh, salat Dhuhur, salat Ashar, salat Maghrib dan salat Isya’.
Waktu salat Shubuh dimulai dari munculnya mentari pagi di Timur dan berakhir saat terbit matahari. Tidak boleh menunda sampai akhir waktunya. Waktu salat Dhuhur dimulai dari condongnya matahari hingga sesuatu sepanjang bayang-bayangnya. Waktu salat Ashardimulai setelah habisnya waktu Dhuhur hingga matahari menguning dan tidak boleh menundanya hingga akhir waktu. Akan tetapi ditunaikan selama matahari masih putih cerah. Waktu Maghrib dimulai setelah terbenamnya matahari dan berakhir dengan lenyapnya senja merah dan tidak boleh ditunda hingga akhir waktunya. Sedang waktu salat Isya’ dimulai setelah habisnya waktu maghrib hingga akhir malam dan tidak boleh ditunda setelah itu.
Seandainya seorang muslim menunda-nunda sekali salat saja dari ketentuan waktunya hingga keluar waktunya tanpa alasan yang dibenarkan syariat diluar keinginannya maka ia telah melakukan dosa besar. Ia harus bertaubat kepada Allah dan tidak mengulangi lagi.
3.Puasa:
Puasa pada bulan Ramadan yaitu bulan kesembilan dari bulan hijriyah.
Sifat puasa:
Seorang muslim berniat puasa sebelum waktu shubuh (fajar) terang. Kemudian menahan dari makan, minum dan jima’ (mendatangi istri) hingga terbenamnya matahari kemudian berbuka. Ia kerjakan hal itu selama hari bulan Romadhon. Dengan itu ia menghendaki ridho Allah ta’ala dan beribadah kepada-Nya.
Dalam puasa terdapat beberapa manfaat tak terhingga. Di antara yang terpenting :
  1. Merupakan ibadah kepada Allah dan menjalankan perintah-Nya. Seorang hamba meninggalkan syahwatnya, makan dan minumnya demi Allah. Hal itu di antara sarana terbesar mencapai taqwa kepada Allah ta’ala.
  2. Adapun manfaat puasa dari sudut kesehatan, ekonomi, sosial maka amat banyak. Tidak ada yang dapat mengetahuinya selain mereka yang berpuasa atas dorongan akidah dan iman.

4.Zakat:
Allah telah memerintahkan setiap muslim yang memilki harta mencapai nisab untuk mengeluarkan zakat hartanya setiap tahun. Ia berikan kepada yang berhak menerima dari kalangan fakir serta selain mereka yang zakat boleh diserahkan kepada mereka sebagaimana telah diterangkan dalam Al Qur’an.
Nishab emas sebanyak 20 mitsqal. Nishab perak sebanyak 200 dirham atau mata uang kertas yang senilai itu. Barang-barang dagangan dengan segala macam jika nilainya telah mencapai nishab wajib pemiliknya mengeluarkan zakatnya manakala telah berlalu setahun. Nishab biji-bijian dan buah-buahan 300 sha’. Rumah siap jual dikeluarkan zakat nilainya. Sedang rumah siap sewa saja dikeluarkan zakat upahnya. Kadar zakat pada emas, perak dan barang-barang dagangan 2,5 % setiap tahunnya. Pada biji-bijian dan buah-buahan 10 % dari yang diairi tanpa kesulitan seperti yang diairi dengan air sungai, mata air yang mengalir atau hujan. Sedang 5 % pada biji-bijian yang diairi dengan susah seperti yang diairi dengan alat penimba air.
Di antara manfaat mengeluarkan zakat menghibur jiwa orang-orang fakir dan menutupi kebutuhan mereka serta menguatkan ikatan cinta antara mereka dan orang kaya
5.Haji:
adalah haji ke baitullah Mekkah sekali seumur hidup. Adapun lebihnya maka merupakan sunnah. Dalam ibadah haji terdapat manfaat tak terhingga :
  1. Pertama, haji merupakan bentuk ibadah kepada Allah ta’ala dengan ruh, badan dan harta.
  2. Kedua, ketika haji kaum muslimin dari segala penjuru dapat berkumpul dan bertemu di satu tempat. Mereka mengenakan satu pakaian dan menyembah satu Robb dalam satu waktu. Tidak ada perbedaan antara pemimpin dan yang dipimpin, kaya maupun miskin, kulit putih maupun kulit hitam. Semua merupakan makhluk dan hamba Allah. Sehingga kaum muslimin dapat bertaaruf (saling kenal) dan taawun (saling tolong menolong). Mereka sama-sama mengingat pada hari Allah membangkitkan mereka semuanya dan mengumpulkan mereka dalam satu tempat untuk diadakan hisab (penghitungan amal) sehingga mereka mengadakan persiapan untuk kehidupan setelah mati dengan mengerjakan ketaatan kepada Allah ta’ala.

Lebih jauh Lihat : Wikipedia.
Selamat menunaikan Ibadah Haji untuk para sahabat penulis yang saat ini Ditunjuk Oleh Allah ke Rumah Nya, guna memperoleh Berkah...dan kembali ke Tanah air dengan Selamat, Sehat, dan membawa berkah Allah untuk dapat dibagikan kepada Saudara saudaranya yang lain yang masih banyak belum bisa menikmati Empat Sehat Lima Sempurna, yang sangat dibutuhkan oleh seorang Manusia utuh untuk  Berkeluarga, Bermasyarakat,Bernegara dan Beragama...Peace.
Source :
- Sahabat Group BB Tim Kombat, Jakarta, Bogor, Malang, Surabaya, Indonesia, USA dll.

Thursday, September 6, 2012

Reinkarnasi = Reincarnation 042


Suatu hari, dalam suatu kesempatan berdiskusi dengan para sahabat penulis. Setelah ngobrol ngalor ngidul, tiba tiba saja tercetus pembicaraan mengenai Reinkarnasi. Wah ternyata seru juga membicarakan makhluk yang namanya Reinkarnasi ini.

Berdasarkan rujukan Wikipedia "...Reinkarnasi (dari bahasa Latin untuk "lahir kembali" atau "kelahiran semula"[1]) atau t(um)itis, merujuk kepada kepercayaan bahwa seseorang itu akan mati dan dilahirkan kembali dalam bentuk kehidupan lain. Yang dilahirkan itu bukanlah wujud fisik sebagaimana keberadaan kita saat ini. Yang lahir kembali itu adalah jiwa orang tersebut yang kemudian mengambil wujud tertentu sesuai dengan hasil pebuatannya terdahulu..." 

"...Terdapat dua aliran utama yaitu pertama,mereka yang mempercayai bahwa manusia akan terus menerus lahir kembali. Kedua,mereka yang mempercayai bahwa manusia akan berhenti lahir semula pada suatu ketika apabila mereka melakukan kebaikan yang mencukupi atau apabila mendapat kesadaran agung (Nirvana) atau menyatu dengan Tuhan (moksha
)..."

Dari hasil diskusi bersama tersebut yang memakan waktu dari jam 10 pagi hingga jam 5 sore, akhirnya penulis bersama para sahabat "sementara sepakat" (artinya hasil diskusi yang akan dipaparkan penulis dibawah ini, secara positif thinking dapat diterima kami semua sebagai pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan Reinkarnasi berdasarkan Logika)

Didalam diri seorang manusia terdapat yang satu disebut Fisik, atau Raga, atau Jasad. Dan satunya terdapat Roh atau Jiwa.

Untuk terlaksananya Reinkarnasi tentu setelah Fisik/Raga/Jasad mati kemudian jadi apa..??
Dan Roh atau Jiwa yang keluar dari orang mati tersebut Kemana...??

Jawabannya adalah ...

Pertama, kita akan mencoba mencari jawaban kenapa seorang manusia yang hidup didunia harus mati atau bahasa halusnya Meninggal Dunia. 

DARI SISI FISIK/RAGA/JASAD:
Fisik atau Raga atau Jasad Seseorang terdiri dari tulang, daging, darah, otak, gen pembawa sifat dan lain lain, yang ketika mati, selalu saja prosesnya di kubur atau dibakar. Kelihatannya belom ada yang dibuang ke Luar Angkasa atau Planet lain.

Pada saat setelah dikubur atau dibakar tersebut, bisa saja sebenarnya mengalami Daur Ulang (Recycling), yang dikubur dimakan bakteri campur ketanah, masuk ketanaman, dimakan binatang dan manusia. Binatangnya dimakan manusia lagi, kemudian jadi sperma lagi akhirnya jadi bayi lagi. yang dibakar, dibuang kelaut, dimakan ikan ikan, ikannya dimakan manusia demikian seterusnya.

DARI SISI ROH atau JIWA:
Seperti kita ketahui Tuhan itu Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Maha Adil, Maha Bijaksana. Maka Dia lebih tahu mana yang terbaik buat kita semua. Kalau seseorang memang harus meninggal dunia, itu mungkin saja karena Tuhan tahu bahwa mungkin seseorang itu "Sudah Tidak Betah" lagi hidup di Dunia saat ini dengan kondisi dan situasi yang kita alami. Atau mungkin ada juga seseorang yang sudah memenuhi standard keinginan Tuhan..."Udah..., kamu udah bener hidup sebagai manusia, jadi kamu tidak perlu lagi hidup didunia, sini tinggal deket Aku aja lebih ABADI TENANG dan DAMAI ...."

Nah berdasarkan kriteria "Sudah Tidak Betah" dan ingin "Abadi Tenang dan Damai..", kelihatannya matinya seseorang bisa dibagi berdasarkan golongan sebagai berikut:

1. Si Damai
2. Si Cinta
3. Si Tertib
4. Si Senang senang
5. Si Ogah ogahan
6. Si Pengomel
7. Si Pemarah

Golongan ke 3 sd 7 kelihatannya  masuk kriteria orang yang "Sudah Tidak Betah" sehingga besar kemungkinan masuk kriteria Reinkarnasi.

Sedangkan Golongan ke 2 adalah orang yang hidupnya sudah memenuhi standard keinginan Tuhan sehingga tidak perlu mengalami Reinkarnasi.

Dan yang terakhir Si Damai sudah pasti adalah orang orang yang hidup di Dunia atas pilihan dan keinginan Tuhan sebagai yang terpilih seperti Para Nabi dan  Orang orang suci lainnya. Maka jika tugasnya sudah selesai pasti langsung dikembalikan ke sisi Tuhan yang "Abadi Tenang dan Damai". Dan jumlah ini tentunya sangat terbatas.  

Coba kita lihat sekilas apa maksudnya golongan itu dibilang "Sudah Tidak Betah"
Si Pemarah, kerjaannya marah marah melulu karena menganggap dirinya paling benar. Saking ekstrimnya ada orang yang mau Jadi Teroris ngebom dirinya sendiri...ya dikabulin lah sama Tuhan. Matilah kau....

Si Pengomel, kerjaannya ngomel melulu. Dikasih hujan..., kenapa sih hujan. dikasih Panas..., kenapa sih panas... Pokoknya bikin gemes dah, ya udah mendingan mati aja dah lo...

Si Ogah ogahan, ini kalo bahasa kerennya orang Moody. Harusnya kalau malam tidur...eh dia malah begadang. Dah tau malem begadang harusnya siang tidur, dia ogah ogahan malah nyetir mobil, ya nabraklah...

Se Senang senang. Kerjaannya senang senang melulu. Bisa saja awalnya dia adalah si ogah ogahan, kemudian dapet rejeki besar lupa dah. Saking senang senang melulu lupa kesehatan, narkoba dan lain lain...mati dah.

Si Tertib, golongan ini sebenarnya sudah bagus. cuma sayangnya ketertibannya, baik pekerjaan, baik ibadah belum dilakukan dengan Cinta atau ikhlas...terkadang apa yang dilakukannya masih untuk sombong atao riya. Sehingga masuklah dia ke golongan yang mungkin untuk di reinkarnasi.

Si Cinta, sudah jelas hidup tertib dijalani dengan penuh kecintaan dan keikhlasan, karena berusaha hanya untuk memperoleh keridhoan Tuhan dan mencapai Standard keinginan Tuhan sebagai Manusia. Meskipun dia bukan nabi atau orang yang dipilih Tuhan, tapi dia belajar hidup mengikuti contoh yang telah diajarkan para nabi dan orang suci tersebut.

Bagi para golongan yang kemungkinan besar masuk kriteria reinkarnasi, bisa saja pada kehidupan selanjutnya dia naik kelas/turun kelas  golongan yang diatasnya tergantung lebih banyak mana antara yang baik dan buruknya pada saat dia hidup di golongan tersebut.

Dari uraian diatas fakta yang bisa disimpulkan:

Dari generasi ke generasi bisa saja Tuhan selain memberi kesempatan kepada generasi roh yang sebelumnya hidup untuk memperbaiki derajatnya ditambah dengan roh roh baru yang diciptakan Tuhan dengan harapan akan semakin banyak orang yang kembali dengan Standard Keinginan Tuhan. Karena Janji Tuhan itu, hawa nafsu dan 
setan itu memang tidak pernah mati dan beranak pinak turun temurun sampai akhir dunia, Tapi Tuhan juga karena Sifat pengasih dan Penyayang, Adil dan Bijaksananya juga pasti menginginkan seluruh manusia akhirnya tidak ada yang dimasukkan ke Nerakanya. Karena kalau itu terjadi Maka Tuhan telah kalah...

Itu sebabnya juga, Dunia ini semakin lama semakin padat dan meningkat populasinya. Karena sesungguhnya orang Terpilih dan Juga Golongan yang hidupnya penuh cinta dan ikhlas masih sangat sedikit...

Hikmah yang bisa diambil:

Apa yang diuraikan diatas hanyalah sebuah diskusi, belum tentu benar. Tapi paling tidak kalau kita berfikir secara Positif, kita akan mengukur diri sebenarnya kita ini sebagai manusia sudah sampai golongan yang mana?

Lalu secara sadar kita pasti akan berusaha untuk tidak Jahat, dholim dan menyakiti orang lain. siapapun dia, apapun agama dan sukunya, karena siapa tau saat ini kita belum sempurna menjadi manusia dan besok kita akan menempati posisi mereka.
  
 


Friday, August 24, 2012

Sistem Komunikasi Terhebat 041

Tidak terasa, waktu berjalan begitu cepat. Dari detik ke detik, dari waktu kewaktu. Dan tak terasa juga saat tulisan ini saya buat, saya tengah berada di Bulan Puasa yang ke 4 kalinya sejak Blog ini dibuat.

Seperti biasanya, setiap Bulan Puasa selalu diadakan kegiatan Pengajian atau Tadarusan, atau saling bertukar pemikiran dan pemahaman mengenai kitab suci Alquran.

Dan pada satu kesempatan dalam Tadarusan tersebut, saya mendapatkan pengalaman yang luar biasa dengan memperoleh "Pemahaman" mengenai suatu Sistem Komunikasi Terhebat sebagai berikut:

Mengapa Orang Islam harus ada Sholat sehari 5 kali, Malam (Isya), Shubuh, Lohor (Dhuhur), Asar, Maghrib...??

Dan Mengapa dalam sholat itu setiap rakaatnya selalu di ulang - ulang Surat Alfatihah...??

Dan mengapa pula Surat Alfatihah itu disebut Ummul Quran.., atau pembuka Quran...??

Ternyata jawabannya, tiada lain adalah karena Surat Alfatihah dalam Sholat yang diulang ulang dan disebut sebagai pembuka Quran itu, adalah merupakan Ringkasan SOP atau Standard Operating Procedure dari suatu Sistem Komunikasi Terhebat  yang dibuat Allah Pencipta Alam semesta tentunya, agar manusia memperoleh kebahagian hidup saat ini maupun nanti.

 Mari kita kaji Surat Alfatihah tersebut, berdasarkan urutan nya agar para pembaca bisa memahami seperti apa yang saya pahami mengapa saya sebut sebagai SOP.


1:1 بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ  Bismi Al-lahi al-r-Rahmani-al-r- Rahimi ("Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang")
1:2 الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ Al-hamdu lillahi rabbi al- 'alamina ("Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam")
1:3 الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Al-r-Rahmani al-r-Rahimi ("Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang")
1:4 مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ Maliki yawmi al-d-dini ("Pemilik hari pembalasan")
1:5 إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ Iyyaka na’budu wa-iyyaka nasta'inu (Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan")
1:6 اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ Ihdinaals siratal mustaqima ("Tunjukilah kami jalan yang lurus")
1:7 صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ Siratal ladhina an ’amta ’alayhim ghayril maghdubi ’alayhim walaald daalliina ("Jalan orang orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan jalan mereka yang dimurkai, dan bukan jalan mereka yang sesat")

Nah diatas adalah Surat Alfatihah, Literasi dan Terjemahannya yang saya Copy - Paste dari Alquran. Sekarang mari kita jalankan kegiatan kita sehari - hari berdasarkan urutan Surat Alfatihah tersebut.

Contoh:
Saat ini saya akan berangkat ke kantor dengan berjalan kaki menuju ke kantor saya. Tentu sebelum mulai berjalan saya akan mengucapkan Bismillahirrahmanirahim..., artinya ya seluruh kegiatan saya memang karena Allah.
Sambil berjalan saya mengamati sekeliling, ada langit diatas sana, ada hiruk pikuk kota di bumi, ada tumbuhan dan lain2, Tentu saya akan memuji si Pencipta alam dan seisinya ini...Alhamdulillahirabbil alamin...
Lalu saya mengamati diri sendiri, diberi kaki untuk berjalan, diberi tangan untuk memegang, diberi mata untuk melihat dll....Allah memang Maha Pengasih dan Penyayang...sungguh Dia tahu apa yang terbaik buat saya.
Ditengah jalan, tiba2 saya menemukan sebuah koper berisi uang Jutaan rupiah..., nah lo?? Ini Berkah atau Cobaan??. Saya saat ini memang sedang butuh uang banyak. Kreditan banyak yang belum dibayar. Tagihan listrik dll belum dibayar juga. Gajian masih rada lama. Ah ini pasti berkah...!!!!. Allah kan maha pengasih dan penyayang..., eh tapi nanti dulu. Ini kan bukan uang saya...? barangkali ada yang setengah mati lagi nyari nyari uang ini, barangkali dirampok terus rampoknya takut...kopernya dibuang..? naaah pusingkan.
Ingat Allah..., Allah Pemilik hari pembalasan. Salah ngambil keputusan urusannya dapet balesan.
Selanjutnya, Hanya kepada Allah kita menyembah dan mohon pertolongan. Nah biar gak pusing, bawa aja dulu tas kopernya. simpen baik baik. Sholat deh.
Nah dalam sholat itulah sebetulnya kita Berkomunikasi sama Allah, 
Ya Allah..Tunjukan saya jalan yang lurus ya...,
Jalan orang2 yang engkau beri nikmat, artinya udah tau ini cobaan bukan berkah. Emang siapa elo Allah ngasih duit sekoper cuma2. Yang ngomong berkah mah Hawa nafsu elo aja, diuber kebutuhan...
Dengan sholat, Terhindarlah kita dari jalan yang di murkai  Allah karena ngotot sok bener bahwa uang sekoper itu Berkah, udah tau Allah Maha segalanya kok dilawan...tersesat dah lo kalo gak sholat.
Begitulah Ilustrasi SOP yang saya maksud. Disediakan 5 waktu oleh Allah untuk menghadap dan berkomunikasi dengan Allah agar kita selalu terhindar dari Godaan dan selalu berada didalam perlindungannya.