Thursday, November 10, 2011

Focus = Fokus 037

Langkah ke tujuh adalah Focus = Fokus.

Gambar disebelah ini melukiskan makna dari kata Focus yang sangat dalam. Fokus berarti memusatkan seluruh pandangan, hati dan fikiran ke arah satu tujuan.

Memasukkan benang ke dalam lubang jarum kelihatannya adalah suatu usaha yang sederhana. Namun jika anda tidak melaksanakannya dengan fokus, alias pandangan, hati dan pikiran anda masih ter pilah pilah, maka jangan harap hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah.

Saat ini anda telah berada di dalam langkah fokus, oleh karena itu lakukanlah seluruh kegiatan usaha anda dilangkah sebelumnya dengan memadukan seluruh pandangan, hati dan pikiran hanya ke satu arah tujuan kegiatan usaha anda tersebut. Jangan berpaling ke mana mana. Biasanya pada saat anda tengah berada di tahap ini, akan banyak sekali godaan yang timbul yang dapat menimbulkan keraguan dalam melanjutkan kegiatan usaha yang tengah anda lakukan.

Kita ambil contoh kegiatan usaha dilangkah Try sebelumnya. Ketika anda sedang berusaha untuk menjalankan bisnis di bidang makanan dengan menggunakan bahan dasar ayam. Pada tahap ini anda akan banyak sekali terbentur dengan masalah. Apakah masalah itu mulai timbul dari kesulitan memperoleh bahan baku ayam, kesulitan memperoleh bahan lainnya seperti tepung dll nya, kesulitan menembus pasar karena tiba tiba saja begitu anda memasuki bisnis ini, begitu banyak orang juga yang berbisnis dibidang yang sama dengan anda, dan lain sebagainya.

Dalam langkah inilah timbul godaan yang bermain di pikiran dan hati anda, ah...apa tidak sebaiknya saya bisnis yang lain saja..??, ah..kelihatannya bisnis dibidang lain akan lebih mudah..?? dan seterusnya.

Jika anda ikuti bisikan bisikan seperti itu, hancurlah sudah apa yang anda kerjakan di langkah ini. Dan jika langkah ini hancur, maka secara otomatis seluruh langkah sebelumnya juga turut berantakan.

Maka, FOKUS lah. Hanya itu yang bisa menambah semangat anda, membuat anda tetap dalam proses, dan tinggal menunggu waktu hingga sampai ke langkah Destiny anda.

Jika anda tetap Fokus, maka jawaban jawaban seperti ini akan timbul. Mereka yang sukses dibidang usaha yang sama dengan anda, karena proses yang dijalani sudah lebih dulu. Segala permasalahan yang timbul sudah mereka hadapi, maka wajar bila mereka saat ini lebih mudah bergerak dibandingkan dengan anda. Dan satu lagi yang membuat mereka berhasil, berapa banyak orang yang berusaha dibidang yang sama mendengarkan bisikan bisikan tadi, lalu menghindar dari masalah, tidak fokus dan banting setir ke arah usaha yang lain. Jika itu yang anda lakukan, maka langkah anda sebelumnya belumlah terlaksana dengan baik itu yang saya maksudkan.

Bandingkan juga dengan kegiatan sederhana seperti membeli baju untuk menambah prformance diri anda. Begitu anda tidak fokus, bukan saja tujuan untuk membeli baju tidak terlaksana, mungkin akhirnya budget anda hanya habis untuk melenyapkan kelelahan mondar mandir di tempat ramai yang banyak menghidangkan suguhan suguhan lezat.