Saturday, January 15, 2011

Concious = Sadar 030



Langkah Pertama adalah Concious = Sadar.

Concious atau Sadar adalah kondisi dimana seseorang berada dalam keadaan yang normal dan merasa bahwa dirinya sedang berada di dalam Dunia, bukan berada di alam lain. Tidak sedang mabuk, menghayal, bahkan marah-marah, apalagi pingsan.


Menurut Wikipedia "Sadar artinya merasa, tau atau ingat (kepada keadaan yang sebenarnya), keadaan ingat akan dirinya, ingat kembali (dari pingsannya), siuman, bangun (dari tidur) ingat, tau dan mengerti..."

Kita bayangkan sebagai berikut...,

Begitu seseorang bangun dari tidurnya, kemudian membuka mata, lalu ia ingat dirinya, berada dimana, dsb...maka bisa dibilang seseorang itu sedang sadar.

Dalam keadaan tersebut, dikesampingkan dahulu hal-hal lain yang menyangkut apa saja yang tengah dipikirkannya atau yang tengah dibicarakan hatinya. Cukuplah ia ingat, merasa, tau, mengerti, normal dan....Sadar.

Bisa juga seseorang yang tiba-tiba diam sejenak, meninggalkan segala kegiatan, meninggalkan segala yang dipikirkan atau yang dirasakan hatinya, lalu bergumam oh...namaku ABC, aku berada di didunia nyata..Sadar, cukup jugalah.

Oleh sebab itulah di urutan pertama Introspection tools di tempati oleh Sadar.

Karena jika seseorang tidak sedang dalam keadaan Sadar..., sedangkan sadar ini berada dilangkah pertama, maka sudah jelas seluruh Introspection tools tidak akan berjalan.