Sunday, September 18, 2011

Honeymoon Bridge

Honeymoon Bridge merupakan permainan dengan menggunakan Complete Playing Cards (Kartu Remi) sebanyak 52 lembar, minus Joker. Kartu terdiri dari 13 Spades (Sekop), 13 Hearts (Hati), 13 Diamonds (Berlian/Wajik) dan 13 Clubs (Keriting).


Dinamakan Honeymoon Bridge karena permainan ini memang hanya bisa dimainkan oleh 2 (dua) orang. Baik itu antara anda dengan pacar, isteri, teman dekat, sahabat dekat atau antara anda dengan siapapun yang anda anggap dekat.

Sepengalaman penulis, permainan ini sering dimainkan sambil bertukar pikiran dan berdiskusi banyak hal dengan sahabat dekat penulis, dan betul2 sangat mengasyikkan karena bisa tahan ber jam-jam, bisa menguji kesabaran dan juga kecerdasan. Tentunya permainan ini dilakukan pada saat senggang.

CARA DAN ATURAN MAIN:
  • Scoring Nilai.
Nilai Plus
10 bernilai +5 point
A bernilai +4 point
K bernilai +3 point
Q bernilai +2 point
J bernilai +1 point
5 bernilai +1 point
4 bernilai +1 point
3 bernilai +1 point
2 bernilai +1 point

Nilai Minus
9 bernilai -4
8 bernilai -3
7 bernilai -2
6 bernilai -1
  • Ke 52 kartu di kocok seperti biasa, kemudian dibagikan 8 (delapan) buah untuk pegangan ditangan anda, dan 8 (delapan) buah untuk pegangan partner anda. Baik ke 8 (delapan) pegangan anda maupun partner tidak boleh saling terlihat. Sisanya disusun di atas meja seperti contoh berikut: (contoh kocokan belum tentu sama)


  • Satu Kartu yang tertutup di table merupakan Kartu Kuat, Jika anda yang melakukan kocokan maka kartu tertutup di pihak anda. Bila partner yang melakukan pengocokan maka kartu tertutup dipihak partner seperti contoh diatas. Kartu tertutup tersebut baru boleh dibuka apabila baik kartu ditangan anda dan partner maupun yang terbuka di table tidak tersedia kartu sesuai permintaan.
  • Contoh. (Yang mengocok selalu jalan duluan). Menjalankan kartu bisa dari kartu yang ditangan ataupun yang di table. Misalkan partner menjalankan J Kriting di table lalu anda menjalankan 3 kriting ditable juga, otomatis J kriting menang. Setelah itu baik kartu dibawah J dan 3 kriting dibuka. Dan seterusnya. Dalam hal ini partner memperoleh J dan 3 otomatis memperoleh 2 point. Selanjutnya partner jalan kembali.
  • Dalam hal partner misalnya menjalankan 9 Kriting dan anda 3 Kriting, maka partner tetap menang dan memperoleh 9 dan 3, namun secara point partner memperoleh -4+1 = -3 point. Rugi..
  • Semakin lama kartu baik ditangan maupun ditable semakin menipis, nah pada saat anda atau partner menjalankan suatu kartu dan lawan tidak tersedia, misal anda menjalankan A Sekop, ternyata partner baik dibawah maupun di tangan tidak tersedia maka kartu tertutup di buka. Misalkan kartu tertutup adalah 2 Hearts. Naka jika partner menjalankan 2 Hearts otomatis meskipun A Spades akan kalah dan dalam hal ini partner memperoleh +1 (2 Hearts) + 4 (A Spades) = 5 point. Namun bila partner menjalankan selain Hearts tentu akan kalah. Hal ini biasanya dimanfaatkan lawan untuk membuang kartu Minus misal 9, 8 dst.
  • Meskipun anda dan partner tidak saling mengetahui kartu di atas tangan, tapi tidak bisa curang ( misal tadi partner bilang tidak punya spades, padahal punya) maka hal ini akan ketahuan karena kartu selalu dihitung.
  • Di akhir permainan akan dihitung perolehan anda dan partner, Nilai kartu kartu plus dikurangi nilai kartu minus, siapapun yang memperoleh nilai diatas Point 18 pasti jadi pemenang. Karena total point seluruh kartu plus dikurangi total point seluruh kartu minus akan berjumlah 36. Jadi nilai draw dalam permainan adalah 18. Jika terjadi draw, yang mengocok pertama harus mengocok ulang. (Draw terhitung Kalah)
Cobalah mainkan permaianan ini dengan sahabat dan kenalan dekat anda, semakin lama anda akan mendapati suatu siasat, strategi permainan yang cantik, sekaligus bisa saling bergurau dan bercanda dengan kerabat dekat anda sekaligus bertukar pikiran untuk saling mempererat hubungan dalam Tim Komunikasi Hebat.

Selamat Mencoba.

Sources Photo: Alexhughescartoon