Tuesday, November 8, 2011

Try = Berusaha 036


Langkah ke enam adalah Try = Berusaha.

Apapun yang anda butuhkan dalam hidup ini tidak ada yang tidak mungkin untuk dicapai selama anda tidak diam.

Dengan bermodalkan lima langkah sebelumnya, mulailah anda bergerak dengan menggunakan apapun yang telah tersedia dan anda miliki saat ini. Jangan menunggu sesuatu yang tidak ada.

Coba kita lihat apa yang sudah tersedia dan anda miliki saat ini:
  • Anda telah mengerti betul ke lima langkah sebelumnya, termasuk rencana yang telah anda buat saat anda dalam situasi dan kondisi yang tenang.
  • Paling tidak anda saat ini telah memiliki tubuh, panca indera, hati dan pikiran yang sehat.
  • Tersedia banyak tempat dan fasilitas diluar untuk mencari tau mengenai kegiatan berusaha yang akan anda lakukan. Apapun itu, baik untuk mencari rejeki, menampilkan performance diri, mencari tempat tinggal, mencari pasangan, mencari pekerjaan, mencari kegiatan bisnis dan dll.
Misalkan anda saat ini akan melaksanakan kegiatan berusaha dalam mencari kegiatan bisnis;
  • Pertama, tentukan dulu satu jenis kegiatan bisnis apa yang akan anda lakukan. Anggap saja misalnya anda akan melakukan bisnis dibidang makanan dengan bahan dasar ayam.
  • Carilah informasi sebanyak - banyaknya mengenai makanan yang terbuat dari bahan dasar ayam. Baik itu jenis ayam nya sendiri, bahan baku, jenis makanan nya, pemasarannya dll.
  • Carilah informasi itu melalui tempat dan fasilitas yang banyak tersebar diluar, baik melalui Internet, pasar tradisional, pasar moderen, rumah makan, melalui kenalan anda yang bergerak dibidang yang sama dll.
Atau misalkan anda saat ini akan melaksanakan kegiatan berusaha dalam mencoba menampilkan performance diri, yang paling sederhana misalkan anda berusaha mencari sepotong baju untuk dikenakan.
  • Pastikan dulu baju apa yang tengah anda cari, apakah itu kemeja tangan pendek, kemeja tangan panjang, kaos berkerah, kaos oblong dan lain sebagainya. Belum lagi coraknya, warnanya, bahannya dll.
  • Dalam hal ini tentu anda akan segera berangkat untuk melihat-lihat baik itu di Mall, pasar, boutiq, Outlet.
  • Ingat..., meskipun cuma sekedar untuk mencari sepotong baju, bila anda telah mengerti betul mengenai lima langkah sebelumnya. Anda tidak akan terjebak dengan "Emosional buying". Anda pastinya akan mempelajari bahan baju tersebut, kepatutan bila anda yang mengenakan, harga yang pantas dll.
Kedua ilustrasi diatas coba saya gambarkan hanyalah untuk mengingatkan bahwa anda saat ini sudah berada di langkah yang ke enam, maka mulailah bergerak dan berusaha untuk mencapai tujuan anda. Sekecil apapun berusaha itu tetap harus anda lakukan.