Saturday, January 17, 2009

Tim Komunikasi Hebat 001

SmileyCentral.com
Disamping gaptek, mengingat kesibukan sehari hari berada di lapangan, terus terang membuat saya tidak terlalu akrab dengan dunia komputer, internet dan sejenisnya.

Namun berkat refferensi dari seorang teman, tentang manfaat yang luar biasa dari dunia internet, maka saya berusaha sharing mencoba berbagi input hasil pengalaman bekerja selama bertahun tahun dalam penerapan komunikasi, motivasi dan diskusi yang membangun pola berfikir dan bertindak secara dewasa dan mendalam.

Dalam berkomunikasi saya selalu menitikberatkan pada 3 kata utama yaitu Tim, Komunikasi, dan Hebat.

Yang dimaksud Tim, adalah seseorang yang diajak bicara. Paling sedikit 1 orang, paling banyak satu kumpulan atau organisasi. Bisa seorang anak, pacar, isteri, teman, tetangga, teman2 perusahaan, atau bahkan negara sekalipun tergantung siapa yang bicara dan diajak bicara.

Yang dimaksud Komunikasi, adalah hubungan pembicaraan antara sesorang yang bicara dan yang diajak bicara. Lebih ke arah pembicaraan dua arah, saling memberi dan menerima, serta tidak memaksakan kehendak.

Sedangkan yang dimaksud Hebat, adalah, apabila hasil berkomunikasi seseorang dengan orang lainnya tersebut, bisa menghasilkan sesuatu yang membangun, menimbulkan semangat, memperkuat ikatan suatu hubungan secara mental dan kejiwaan, dan bisa membawa masing2 orang kearah kemajuan bersama.

Mengapa hal ini saya ungkapkan…?

Karena setiap hari hati saya sangat miris melihat semakin banyaknya kejadian-kejadian yang timbul akibat tidak terjalinnya cara-cara komunikasi yang hebat, yang justru malah menghasilkan kekacauan, perceraian suami isteri, anak2 terjerat narkoba, para pekerja dan pengusaha yang tidak sepaham, bahkan yang terakhir adalah melibatkan saling serang antara Israel dan Palestina.

Tentu semua kita menyadari, hal tersebut tentu terjadi karena adanya Miss Communication, Salah Paham, Praduga buruk, Ke pura-puraan dalam berbicara dan lain2.

Menurut saya aneh…, saat ini kita sudah melewati tahun 1000 x 2 masih ditambah 9, namun ternyata jangka waktu yang ditempuh dalam masa yang disebut masa peradaban tersebut, belum mampu membuat sebagian besar manusia melakukan cara cara berkomunikasi yang hebat, dimana lawan bicara tidak diperlakukan sebagai musuh, tapi lebih sebagai mitra, partner dalam satu tim.