Friday, August 24, 2012

Sistem Komunikasi Terhebat 041

Tidak terasa, waktu berjalan begitu cepat. Dari detik ke detik, dari waktu kewaktu. Dan tak terasa juga saat tulisan ini saya buat, saya tengah berada di Bulan Puasa yang ke 4 kalinya sejak Blog ini dibuat.

Seperti biasanya, setiap Bulan Puasa selalu diadakan kegiatan Pengajian atau Tadarusan, atau saling bertukar pemikiran dan pemahaman mengenai kitab suci Alquran.

Dan pada satu kesempatan dalam Tadarusan tersebut, saya mendapatkan pengalaman yang luar biasa dengan memperoleh "Pemahaman" mengenai suatu Sistem Komunikasi Terhebat sebagai berikut:

Mengapa Orang Islam harus ada Sholat sehari 5 kali, Malam (Isya), Shubuh, Lohor (Dhuhur), Asar, Maghrib...??

Dan Mengapa dalam sholat itu setiap rakaatnya selalu di ulang - ulang Surat Alfatihah...??

Dan mengapa pula Surat Alfatihah itu disebut Ummul Quran.., atau pembuka Quran...??

Ternyata jawabannya, tiada lain adalah karena Surat Alfatihah dalam Sholat yang diulang ulang dan disebut sebagai pembuka Quran itu, adalah merupakan Ringkasan SOP atau Standard Operating Procedure dari suatu Sistem Komunikasi Terhebat  yang dibuat Allah Pencipta Alam semesta tentunya, agar manusia memperoleh kebahagian hidup saat ini maupun nanti.

 Mari kita kaji Surat Alfatihah tersebut, berdasarkan urutan nya agar para pembaca bisa memahami seperti apa yang saya pahami mengapa saya sebut sebagai SOP.


1:1 بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ  Bismi Al-lahi al-r-Rahmani-al-r- Rahimi ("Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang")
1:2 الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ Al-hamdu lillahi rabbi al- 'alamina ("Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam")
1:3 الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Al-r-Rahmani al-r-Rahimi ("Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang")
1:4 مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ Maliki yawmi al-d-dini ("Pemilik hari pembalasan")
1:5 إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ Iyyaka na’budu wa-iyyaka nasta'inu (Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan")
1:6 اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ Ihdinaals siratal mustaqima ("Tunjukilah kami jalan yang lurus")
1:7 صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ Siratal ladhina an ’amta ’alayhim ghayril maghdubi ’alayhim walaald daalliina ("Jalan orang orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan jalan mereka yang dimurkai, dan bukan jalan mereka yang sesat")

Nah diatas adalah Surat Alfatihah, Literasi dan Terjemahannya yang saya Copy - Paste dari Alquran. Sekarang mari kita jalankan kegiatan kita sehari - hari berdasarkan urutan Surat Alfatihah tersebut.

Contoh:
Saat ini saya akan berangkat ke kantor dengan berjalan kaki menuju ke kantor saya. Tentu sebelum mulai berjalan saya akan mengucapkan Bismillahirrahmanirahim..., artinya ya seluruh kegiatan saya memang karena Allah.
Sambil berjalan saya mengamati sekeliling, ada langit diatas sana, ada hiruk pikuk kota di bumi, ada tumbuhan dan lain2, Tentu saya akan memuji si Pencipta alam dan seisinya ini...Alhamdulillahirabbil alamin...
Lalu saya mengamati diri sendiri, diberi kaki untuk berjalan, diberi tangan untuk memegang, diberi mata untuk melihat dll....Allah memang Maha Pengasih dan Penyayang...sungguh Dia tahu apa yang terbaik buat saya.
Ditengah jalan, tiba2 saya menemukan sebuah koper berisi uang Jutaan rupiah..., nah lo?? Ini Berkah atau Cobaan??. Saya saat ini memang sedang butuh uang banyak. Kreditan banyak yang belum dibayar. Tagihan listrik dll belum dibayar juga. Gajian masih rada lama. Ah ini pasti berkah...!!!!. Allah kan maha pengasih dan penyayang..., eh tapi nanti dulu. Ini kan bukan uang saya...? barangkali ada yang setengah mati lagi nyari nyari uang ini, barangkali dirampok terus rampoknya takut...kopernya dibuang..? naaah pusingkan.
Ingat Allah..., Allah Pemilik hari pembalasan. Salah ngambil keputusan urusannya dapet balesan.
Selanjutnya, Hanya kepada Allah kita menyembah dan mohon pertolongan. Nah biar gak pusing, bawa aja dulu tas kopernya. simpen baik baik. Sholat deh.
Nah dalam sholat itulah sebetulnya kita Berkomunikasi sama Allah, 
Ya Allah..Tunjukan saya jalan yang lurus ya...,
Jalan orang2 yang engkau beri nikmat, artinya udah tau ini cobaan bukan berkah. Emang siapa elo Allah ngasih duit sekoper cuma2. Yang ngomong berkah mah Hawa nafsu elo aja, diuber kebutuhan...
Dengan sholat, Terhindarlah kita dari jalan yang di murkai  Allah karena ngotot sok bener bahwa uang sekoper itu Berkah, udah tau Allah Maha segalanya kok dilawan...tersesat dah lo kalo gak sholat.
Begitulah Ilustrasi SOP yang saya maksud. Disediakan 5 waktu oleh Allah untuk menghadap dan berkomunikasi dengan Allah agar kita selalu terhindar dari Godaan dan selalu berada didalam perlindungannya.